Thursday 20 July 2017

MENIKMATI WISATA PANTAI 9 PULAU GILIGENTING


Wisata Pantai 9 yang berlokasi di Desa Bringsang Pulau Giligenting semakin dikenal, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Liburan lebaran tahun 2017 ini pengunjungnya "membludak" khususnya dari luar Pulau Giligenting, berkat semakin banyaknya masyarakat yang mem-posting suasana Pantai Sembilan di media sosial.

Kami sebagai warga asli Giligenting juga mengunjungi Pantai 9 untuk melihat bagaimana suasana pengunjung, fasilitas pendukung, dan permainan apa saja yang ditawarkan pengelola wisata Pantai Sembilan. Jadi ingin tau saja sekaligus mengabadikan momen untuk foto-foto bersama keluarga atau bareng teman-teman sekolah sekaligus reunian MI Annibros Galis Giligenting angkatan 1995. Juga kami ketemu rombongan reuni SMP Giligenting Solehah dan kawan-kawan.

Yuk sebelum menjelajah ke Pantai 9, sebaiknya kita harus tau banyak hal sehingga persiapan kawan-kawan travelenia sebelum sampai ke lokasi sudah paham apa yang perlu diperhatikan dan perlengkapannya. Atau bagaimana caranya biar bisa jadi backpacker ke Pulau Giligenting.




Sejarah Kenapa Disebut Pantai 9
Sebutan Pantai 9 dilatarbelakangi dengan gundukan pasir yang membentuk layaknya angka 9. Dan kebetulan Gili Labak Talango saat itu, sedang booming sehingga Kepala Desa Bringsang Giligenting kemudian berinisitif dibantu perangkat desa sehingga terwujud secara perlahan tempat wisata yang semakin hari semakin banyak diberitakan awak media dan di media sosial Facebook khususnya.

Juga sesuai dengan program Visit 2018 Sumenep, Pantai 9 yang merupakan bagian dari promosi Kabupaten Sumenep dan masuk kawasan segitia mas "Gili Yang, Gili Labak dan Giligenting" terus berbenah dengan menyediakan fasilitas tempat nongkrong, penjual makanan dan minuman mulai diberikan tempat, serta kini sudah ada penginapan "cottage" bagi warga luar Pulau Giligenting yang ingin bermalam dengan biaya sekitar Rp 300.000 per malam.

Wahana Permainan Pantai 9
Permainan di Pantai 9 semakin banyak dan variatif sehingga para pengunjung banyak pilihan, bukan saja permainan ayunan dan panggung buatan yang berada di bibir pantai yang bisa dinikmati, tapi permainan-permainan lain yang menarik untuk dicoba.

Misalnya Anda bisa menikmati Banana Boat untuk seru-seruan bermain air bersama keluarga atau teman. Keseruan bermain di atas air yang kemudian digulingkan secara sengaja menjadi kenangan tersendiri. Adapun biaya yang perlu Anda keluarkan sekitar Rp 200.000-an. 

Begitu juga Anda yang mau belajar atau bermain dayung perahu kecil tersedia. Dengan pantai yang tenang dan hanya sesekali ombak cukup besar, belajar mendayung perahu kecil bisa Anda coba.  Permainan-permainan ini semakin menambah suasana liburan Anda di Pantai 9 semakin asyik sehingga akan memberikan kesan tersendiri.




Nongkrong Asyik Malam Hari
Menikmati angin pantai sambil ngopi kadang bagi sebagian orang menjadi sesuatu yang bermanfaat. Begitu pula ketika ngobrol-ngobrol santai bersama teman atau mitra bisnis untuk mendiskusikan banyak hal bisa dengan cara nongkrong santai sambil ngopi atau kudapan ringan.

Hanya saja memang perlu pengawasan atau kontrol dari pengelola Pantai 9 untuk selalu menjaga ketertiban sosial muda-mudi agar selalu menjunjung nilai-nilai kearifan lokal dan budaya setempat yang masih sangat kental dengan tradisi kesalehan dalam memelihara nilai-nilai keislamannya. 

Perlu kiranya tambahan penerangan di beberapa titik dekat pantai agar semakin nyaman semua pengunjung. Demi kebaikan Dan menjaga tradisi Giligenting yang penduduknya 99 persen beragama Islam. Karena menjaga tradisi lokal dikemas dengan modern atau cara modern akan memberikan warna tersendiri sehingga Giligenting tetap Indah, ramah dan agamis.




Menuju Pantai 9 Giligenting
Akses menuju Pantai 9 Giligenting bisa melewati dermaga Tanjung Saronggi Sumenep. Kalau dari Pamekasan bisa melewati pertigaan Saronggi ke arah timur menuju Tanjung, tempat pelabuhan warga yang mau ke Pulau Giligenting melalui dermaga Bringsang. 

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, bisa naik transportasi mobil L 300 atau Chevrolet terbuka bagian belakang dan turun di Pelabuhan Tanjung. Nanti di sana akan langsung melihat loket Pantai 9 sebagai awal untuk menuju lokasi dengan menggunakan perahu. Ongkos untuk naik mobil sekitar Rp 10.000 menuju Tanjung.

Untuk Anda yang mau lewat Pelabuhan Pagarbatu, bisa lewat di tikungan rong-erong melewati Desa Lobuk sebelum ke Pelabuhan Pagarbatu. Hanya saja untuk kendaraan umum di sini tidak tersedia. Sebaiknya menggunakan jasa ojek yang masing-masing bisa nego sendiri untuk sampai pelabuhan Talabbung Pagarbatu​.

Karena transportasi umum di Pulau Giligenting Sepeda Motor atau Motor, maka sebaiknya jika mau keliling Pulau Giligenting bisa bawa motor. Dengan hanya biaya Rp 10.000 per motor dan jasa menurunkan motor Rp 3000 serta biaya naik perahu Rp 10.000 per orang. Jadi praktis, mudah dan bebas keliling Pulau Giligenting untuk bisa mengunjungi tempat lain seperti Pantai Kahuripan di Desa Gedugan, Pantai Sorok di Desa Aenganyar dan Sumur Tumpang di Desa Galis.









0 comments:

Post a Comment