Wednesday 23 October 2013

PESONA ALAM SITU GUNUNG SUKABUMI


Bagi Anda yang ingin berlibur dengan suasana sejuk dan hemat, Situ Gunung bisa menjadi salah satu pilihannya. Kawasan ini terletak di kaki Gunung Pangrango, Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi Jawa Barat. Berada di ketinggian sekitar 970 diatas permukaan laut (dpl).

Sesuai namanya, Situ Gunung ini menawarkan wisata alam berupa Danau yang eksotis. Sejuk nan asri ketika berada di kawasan Situ dengan pemandangan yang luas. Jika cuaca bagus, suasananya semakin menarik untuk diabadikan dengan kamera apa saja.

Suana kawasan Danau

Menurut legenda, Situ Gunung ini merupakan danau buatan bangsawan Mataram Rangga Jagad Syahadana, yang akhirnya dikenal dengan Mbah Jalun. Dia seorang buronan Belanda yang lari dari kerajaan Mataram karena diburu penjajah pada tahun 1800-an.

Jalan dari Parkiran mobil menuju Danau
Lebih lanjut, sebelum ke Sukabumi, Mbak Jalun memperistri perempuan asal Kuningan Jawa Barat. Untuk jalur pengembaraannya dari kejaran kolinial melewati Cianjur dengan membuka jalur hutan di pegunungan. Salah satunya adalah jalan lewat Gunung Gede dan Pangrango. Dan akhirnya berhenti di lembah yang dialiri sungai yang jernih dan menetap dan membuat danau sebagai bentuk syukur atas putranya Rangga Jaka Lulunta.

Jalur Transportasi
Karena keindahan alamnya yang asri dan terlindungi, Situ Gunung sering menjadi destinasi para fotografer untuk mengabadikan landscape yang menawan, terutama ketika pancaran cahaya pagi menembus sela-sela pepohonan.

Tim Travelenia dari Jakarta menggunakan mobil melewati Tol Ciawi, Pasar Cicurug, Pasar Cibadak dan Pasar Cisaat. Pas sebelum Pasar Cisaat atau Alun-Alun Cisaat, kita masuk ke arah kiri pas di Polsek Cisaat. Jarak tempuhnya kurang lebih 30 menit menuju Wisata Alam Situ Gunung.

Bagi yang menggunakan transportasi umum, banyak pilihannya. Ikut saja bus jurusan Sukabumi dan turun di alun-alun atau Polsek Cisaat. Setelah itu, ada angkot namun tidak sampai ke pintu gerbang. Jaraknya sekitar 9 Km dari Cisaat. Tapi sebenarnya bisa diajak hingga pintu gerbang tentu dengan biaya tambahan dengan sang supir.

Kawasan Situ Gunung
Berwisata ke Situ Gunung sangat murah. Biaya masuk per orang hanya Rp 3000, parkir untuk mobil sekitar Rp 10.000. Begitu kita masuk pintu gerbang, ambil kiri mengikuti jalanan bebatuan kecil dan melewati tempat outbound hingga tempat parkir. Sementara khusus pengguna Wisma Danau yang berada pas samping Danau boleh masuk menggunakan mobil. Hanya saja untuk bus tidak memungkinkan.

Dari tempat parkir menuju Danau berjarak kurang lebih 500 meter dengan jalan menurun. Bagi yang malas jalan kaki, bisa menggunakan jasa ojek dengan biaya Rp 10.000.

Kawasan Masuk Danau
Begitu sampai di kawasan Danau, mata kita akan terlihat lebih segar karena rerumputannya yang hijau dan menyejukkan pandangan. Tempatnya asri dan nyaman untuk bersantai bersama keluarga sembari menghirup udara segar. Sebagai pengobat kepenatan aktivitas yang pada selama di Jakarta.

Nyaman untuk wisata keluarga juga
Ramainya pengunjung dari jam 08.00 pagi sampai 16.00 sore. Bahkan untuk weekday sangat sepi dan biasanya hanya orang-orang sekitar yang mancing di danau dari siang hingga besok pagi. Mereka yang membuang bibit ikan dan mereka pula yang memancingnya.

Bagi Fotografer
Biasanya banyak komunitas fotografi hunting ke Situ Gunung ini. Sebab untuk pemandangan alamnya cukup memesona, terutama di pagi hari ketika pancaran cahaya matahari menembus di sela-sela pemohonan dan kabut terlihat sehingga memberikan suasana dalam foto yang menarik.

Parahu yang biasa disewa fotografer
Memang bagi fotografer yang ingin mengabadikan ray of light sebaiknya menginap. Sebab dari jam 04.00-05.00 sebaiknya sudah di pinggir Danau. Sebab jam 05.00 pagi kami sampai di sana, suasana tampak terang jika cuaca cerah. Bila membawa model, bisa memanfaatkan perahu sewaan sebagai bagian penting di frame kita.

Pinggir Danau
Selain Danau, obyek wisata lainnya adalah Curug Sawer yang merupakan air terjun terbesar di Taman Nasional Pangrango dengan ketinggian sekitar kurang lebih 25 meter. Jarak tempuh sekitar 2 Km dengan berjalan kaki karena hanya memiliki akses setapak menuju air terjunnya. Jalannya juga turun naik sehingga cukup untuk membakar kalori kita.

Curug Sawer
Namun bagi yang ingin melewati jalur lain, bisa menggunakan jasa ojeg motor melalui jalan Cinumpang. Biasanya kita harus membayar Rp 25.000,-. Sebab, area Curug Sawer berbeda dengan Danau, jaraknya sekitar 200 meter. Biaya masuk areal ini Rp 3000,-.

Fasilitas dan Penginapan
Tidak jauh setelah melewati adventure area kita akan melihat sebelah kiri jalanan menuju Tanakita. Tanakita telah memiliki fasilitas bernama Villa Merah yang merupakan camping area dengan kapasitas maksimum 30 orang yang dilengkapi dengan villa (rumah panggung) yang difungsikan sebagai ruang pertemuan dan sudah dapat digunakan sejak Febuari 2013.

Ruang Villa Merah buat pertemuan atau meeting
Terdapat 2 ruang pertemuan dengan kapasitas 30 orang dan 15 orang. Ruang pertemuan dilengkapi pula dengan peralatan presentasi seperti, white board, flip chart, LCD projector dan layarnya. Jadi para peserta tetap dapat melakukan pertemuan seperti layaknya di hotel, sembari menikmati alam dan layanan TanaKita Five Stars Camping. Harga per orang sekitar Rp 450.000,-

TanaKita menawarkan beberapa paket pilihan. “Mau mendirikan tenda sendiri, boleh. Mau kemping dengan nyaman seperti di hotel, kami juga siap. Satu kabin dengan tempat tidur paling nyaman sedunia,” begitu promosi Setyo. Kamar mandi dengan air panas, dapur, juga ada.

Untuk kegiatan selama di situ, ada treking, jalan ke air terjun, mengitari danau dengan perahu karet, ke desa untuk melihat kebun dan memerah susu sapi penduduk. Menginap di desa pun, boleh. “Nantinya juga bakal ada program bersepeda dan tubing (meluncur di sungai berbatu dengan ban dalam mobil).” 

Biaya untuk semua fasilitas itu Rp 450 ribu per orang, per malam. Kecuali anak-anak di bawah 4 tahun bebas biaya. Harga itu sudah termasuk paket adventure, 3 kali makan, gratis kopi, teh, air putih, serta makanan tradisional. “Kalau mau barbeque, juga kami siapkan tempatnya.”

Wisna Danau
Selain itu, dekat di area Danau terdapat Wisma Danau. Terbagi dua dan cukup untuk menampung sekitar 150 orang. Fasilitas yang ditawarkan terbilang sederhana dan sesuai permintaan. Mau pake kasur bisa, mau pakai sleeping bag juga bisa. Terdapat bale-bale untuk nongkrong sembari ngopi bersama-sama.

7 comments:

  1. silahkan kasih kabar ke teman terdekat kita yang lain biar bisa sama-sama merasakan sejuknya alam Situ Gunung :D

    ReplyDelete
  2. Selamat siang .untuk paket jadi brp ya ? Kurang lebih 50 orang, itu berapa ya .. Tolong di infobke 081218269620 husen

    Gathering kantor

    ReplyDelete
  3. Selamat malam, kami dari perguruan karate berencana utk camping pd tgl 28-30 Juni 2019(2 mlam), anak didik kami mayoritas siswa dr SD - SMA. Utk pembina/pelatih bermalam di Villa Merah sementara siswa mendirikan tenda. Peserta kurang lebih 100 - 150 org. Mohon informasinya hub via Hp/WA 085794000015 (Iwan Setiawan )

    ReplyDelete
  4. Selamat malam, kami dari perguruan karate berencana utk camping pd tgl 28-30 Juni 2019(2 mlam), anak didik kami mayoritas siswa dr SD - SMA. Utk pembina/pelatih bermalam di Villa Merah sementara siswa mendirikan tenda. Peserta kurang lebih 100 - 150 org. Mohon informasinya hub via Hp/WA 085794000015 (Iwan Setiawan )

    ReplyDelete
  5. Selamat malam, kami dari perguruan karate berencana utk camping pd tgl 28-30 Juni 2019(2 mlam), anak didik kami mayoritas siswa dr SD - SMA. Utk pembina/pelatih bermalam di Villa Merah sementara siswa mendirikan tenda. Peserta kurang lebih 100 - 150 org. Mohon informasinya hub via Hp/WA 085794000015 (Iwan Setiawan )

    ReplyDelete
  6. Blackjack 21 in Las Vegas - Mapyro
    18+ · Blackjack 21 in Las Vegas is a game of chance and luck. 청주 출장마사지 The most 순천 출장안마 popular variant 순천 출장샵 is the 문경 출장마사지 "Big Six" – a six-figure deal. If you have all 경상남도 출장마사지 nine cards in hand,

    ReplyDelete