Friday 28 June 2013

GREEN CANYON, PETUALANGAN SEGAR DAN MEMIKAT


Green Canyon tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kawasan Pangandaran. Tempat wisata yang terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat ini memiliki daya pikat tersendiri buat para wisatan lokal maupun mancanegara. Terletak sekitar 31 Km dari Pangandaran.

Bagi yang tidak takut ketinggian silahkan loncat 
Nama Green Canyon dikenalkan oleh wisatawan dari Perancis. Warna air sungai yang kehijauan menjadi alasan mengapa tempat yang dipercaya oleh sebagian orang memiliki kekuatan magis ini disebut dengan “Green Canyon” - yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Cukang Taneuh yang berarti Jembatan Tanah. Jembatan ini dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dan Desa Batukaras.


Pemandangan yang indah

Biasanya yang menjadi tujuan wisatawan adalah terowongan yang menyerupai gua yang berada di bawah jembatan tanah yang dikenal sebagai Gua Green Canyon. Untuk sampai ke Gua tersebut, kita harus menyusuri sungai Cijulang dengan perahu kecil yang disebut Ketinting. Perahu ini untuk 5-6 penumpang (tanpa terkecuali anak atau bayi dihitung 1 orang) dengan sewa Rp 125 per perahu. Jarak tempuhnya dari dermaga Ciseureuh menuju Gua sekitar 30 menit.


Wisatawan menaiki perahu Ketinting

Selama dalam perjalanan, kita dapat menikmati pemandangan tebing bukit yang ditumbungi pohon yang rindang dan hijau. Mata kita terasa sejuk, begitu pula dengan airnya yang berwarna hijau.


Titik awal untuk berenang

Sesampainya di bebatuan yang berbentuk layaknya mulut gua ini kita bisa menikmati segarnya air Sungai Cijulang ini. Diharapkan untuk menjaga keselamatan - terutama bagi yang tidak bisa berenang, menggunakan baju pelampung. Sensasi kualitas airnya dapat kita rasakan bersama, sehingga rasanya ingin selalu berenang.

Loncat merupakan sensasi bagi yang suka berenang
Sebagai catatan, di tempat ini kita diharuskan membayar lagi ke pembawa Ketinting untuk berenang dengan hitungan setengah jam Rp 100 ribu. Karena ini merupakan kesepakatan antara pihak perahu dan kita, sebenarnya bisa diatur untuk fleksibiltas waktunya.



Sebelum naik batu harus menyeberang dulu
Di sini, bagi yang suka loncat ke air bisa menaiki batu yang cukup besar. Tapi bagi yang takut dengan ketinggian tak usah memberanikan diri.


Tempat pemberhentian akhir perahu Ketinting
Sebagai catatan, sebaiknya kalau mau ke Green Canyon di musim kemarau karena airnya akan terlihat indah dibanding di musim hujan. Bila tak beruntung dan hujan, maka airnya akan berubah dari kehijauan menjadi merah tanah atau “butek”. Selain itu, untuk penginapan agar banyak pilihan terutama yang memperhatikan budget sebaiknya di daerah Pangandaran saja.


Gaya sebelum berenang

Tim yang kompak
Gaya di atas perahu Ketinting
Dermaga
Tim saling yang saling membahu 
Sebelum berjibaku melawan arus








0 comments:

Post a Comment