Sunday 7 July 2019

PUNCAK RATU PAMEKASAN, TAWARKAN PEMANDANGAN ALAM

Memasuki area Puncak Ratu Pamekasan mata langsung dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Hamparan luas alam yang terbentang sejauh mata memandang ke lereng-lereng bukit di bawah tampak hijau mempesona. Sangat cocok untuk anda yang mau berlibur di akhir pekan untuk refreshingSebab dengan pepohonan yang rindang dan hijau biasanya dapat membawa relaksasi pada pikiran.

Alhamdulillah kami bisa berkunjung ke Dusun Monging, Desa Tebul Barat, Kecamatan Pegantenan Pamekasan bersama adik. Disini kami dapat menghirup udara segar di bawah pohon yang rindang sembari ditemani kopi susu.

Suasana semakin akrab dan hanyut dalam obrolan ketika terpaan angin memberikan kesegeran di sore hari. Sangat menikmati suasana puncak, apalagi ketemu dengan kancakona atau teman lama yang lebih dari belasan tahun tak bersua.

Juga terdapat tempat yang lebih intim bersama keluarga dan teman nongkrong berupa kurungan yang dihias dengan kelambu. Bersama keluarga bisa sambil ngobrol, ngopi maupun mengunyah kudapan untuk menambah suasana semakin seru. Itulah yang kami lihat pengunjung bercengkrama bersama keluarga.

Tak ketinggalan pula tentunya pengelola menawarkan beberapa spot selfie yang instagramable sehingga setiap pengunjung dapat menghasilkan foto genic untuk diunggah di media sosial. Salah satu pihak pengelola, Muhdari mengatakan bahwa wisata Puncak Ratu masih belum seberapa persen garapannya yang telah selesai dari rencana awal.

"Namun kami terus melakukan pembenahan, karena masih banyak PR yang harus diselesaikan untuk menjadi tempat wisata yang maksimal," pungkasnya sembari tersenyum.

Rute Menuju Puncak Ratu
Sebenarnya banyak jalan menuju Puncak Ratu. Bisa lansung dari arah Waru - Pakong dan Pegantenan. Bisa pula dari kota Pamekasan lewat Blumbungan lalu ke arah Pegantenan dan jalur lain.

Kebetulan saya berangkat dari arah Guluk-Guluk Sumenep ketika hendak berkunjung ke Puncak Ratu Pamekasan. Rute yang kami tempuh melewati Guluk-Guluk Barat menuju arah Cenlecen dan Pakong.

Sesampainya pertigaan Pakong yang kalau ke belok kanan menuju arah Waru, maka kami lurus ambil arah Pegantenan. Dari sana lurus terus sampai pasar Pegantenan lalu ikuti arah ke jalur utama Puncak Ratu.

Kebetulan kami lewat jalan pintas sehingga tidak sampai ke Pasar Pegantenan, jadi lewat jalanan warga yang belum beraspal sehingga lebih singkat untuk sampai lokasi Puncak Ratu. Jika tau jalan pintas kalau dari arah Sumenep maka sangat rekomendasi karena tidak perlu mutar ke pasar Pegantenan.