Sunday 23 July 2017

CURUG BAJING, SEJUK, ASRI DAN PENUH PESONA


Curug Bajing menyimpan keindahan alam yang menakjubkan. Bukan saja pancuran air yang deras tak pernah henti, udara yang sejuk namun perjuangan untuk mencapai ke lokasi indah ini penuh perjuangan. Cukup jauh dan berliku perjalanan yang harus ditempuh serta jalanan yang kadang aspalnya mengelupas maupun banyak kerikil atau batu di jalanan sehingga diperlukan konsentrasi ekstra demi keselamatan. Sebab banyak kita melewati jurang terjal, namun tetap dengan pemandangan hutan yang memesona.

Kesan awal ketika memasuki pintu gerbang Petungkriono Cultural Technoforestry Park kami cukup terkejut karena langsung disambut dengan turunan yang sedikit berkelok sehingga menjadikan awal kami sedikit deg-degan. Kami pun juga tidak sendiri karena kebetulan ada warga sekitar yang membawa plastik dagangan sehingga kami pun bersama beriringan. Sama-sama naik motor. 




Sekilas Curug Bajing (an)
Objek wisata yang paling ramai di kawasam Petungkriyono adalah Curug Bajing. Lokasinya terletak di Desa Tlogopakis Kecamatan Petungkriono Pekalongan Jawa Tengah. Curug Bajing termasuk lokasi wisata yang pertama kali dikembangkan oleh karang taruna setempat. Berada di ketinggian sekitara 1500 di atas permukaan laut. Kebayang kan bagaimana sejuknya?

Curug Bajing ini mudah dijangkau karena cukup dekat dengan lokasi parkir sehingga bagi Anda yang sedikit masalah dengan turun naik menuju lokasi wisata karena terlalu terbebani membawa bodinya adalah pilihan yang tepat. Selain karena mudah dijangkau, di Curug Bajing juga fasilitasnya lengkap. Ada toilet, musolla, warung makan, parkiran cukup luas, juga kopinya yang khas Petungkriono itu. 

Awalnya kami mengira kalau Bajing yang dimaksud adalah binatang lincah gerakannya Tupai, namun seorang mengatakan jika Curug Bajing memiliki cerita legenda. Dinamakan Curug Bajing sebab tempat ini jadi tempat andalan para bajingan untuk bersembunyi. 

Jika kami perhatikan cerita tersebut masuk akal mengingat jarak dari menuju Curug Bajing ditempuh sekitar 1 jam atau 1 jam setengah dengan kondisi jalanan yang turun naik curam serta sebagian rusak. Terbayang jika dahulu sebelum ada aspal orang sulit masuk ke area Curug Bajing serta hanya orang yang berani yang akan mengambil resiko hidup ke dalam hutan di Jawa Tengah ini sebagai persembunyian.




Hamparan Pertanian yang Subur

Sepanjang kami memasuki setengah kilo meter sari pintu gerbang kami melihat petani setempat menggarap lahan sawah untuk berbagai tanaman. Ada juga yang dengan rimbunan pohon-pohon karet, kopi dan lainnya. S
Sementara semakin ke atas, kami menyaksikan hamparan padi gogo yang begitu luas dengan undakan lahan yang Khas. Dan semakin ke atas kami juga mulai menjumpai tanaman-tanaman sayuran seperti tomat, Cabe, kubis dan lainnya. 
Tanahnya subur, warga sekitar yang kami jumpai juga ramah sehingga bikin kami betah untuk berlama-lama di kawasan Petungkriyono ini. Hanya saja kami memiliki waktu yang terbatas, akhirnya tidak terlalu banyak yang kami bisa eksplorasi.




Lokasi Wisata Curug Bajing
Sesampainya di lokasi kami setelah parkir langsung menuju loket. Biaya masuk Wisata Curug Bajing Rp 5000 per orang dan parkir motor Bajaj Pulsar 180 P hanya Rp 2000. Jadi sangat murah sehingga kita rekomendasi ke saudara dan teman untuk menikmati keindahan alam dan segarnya air pegunungan tentunya tidak keberatan.

Sebelum sampai di lokasi pemandian Curug Bajing kami ketemu dengan pohon selfi yang diberikan tangga untuk berfoto dengan ketinggian sekitar 3 meter. Tentu kesempatan ini take akan kami biarkan begitu saja, kami pun naik bersama istri untuk melihat pemandangan di balik dataran yang lebih rendah di seberang jauh yang terdapat pemukiman warga.

Begitu sudah dekat Curug Bajing keindahan alam berpadu dengan segarnya angin pegunungan serta kabut tipis yang mulai menyapa memberikan sentuhan halus yang manja bagi tubuh kami. Dari kejauhan pun kami terus mengabadikan keindahan alam yang masih virgin dengan ditambah fasilitas untuk berfoto dengan bentuk love. Kami pun ikut dan memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan tersebut berpose bersama istri tercinta.




Rute Menuju Curug Bajing

Dari kota Pekalongan, kami mengarah ke Selatan. Sebaiknya pakai kendaraan pribadi, sebab dari Kecamatan Doro, tidak akan mendapatkan angkutan umum yang memadai. Dari Kecamatan Doro, lurus terus ke Selatan melewati perkebunan karet PTPN IX kebun Jolotigo. Nanti akan menemukan pertigaan dengan Plang lokasi konservasi Petungkriyono. 
Kalau sudah sampai di lokasi pintu gerbang tinggal ikuti terus jalanan yang penuh tantangan dan kesejukan alam. Bahkan di sepanjang perjalanan, aroma terapi dari pepohonan memberikan kenikmatan yang sangat perlu kita syukuri. Masya Allah luar biasa agung-Nya Allah Pencipta Semesta Alam Raya. 

Selama di perjalanan area menuju Curug Bajing, rasanya indah dan nikmat yang tak terhingga. Pertukaran oksigen di paru-paru sangat baik karena udaranya tak berpolusi. Sepanjang jalan hanya rasa takjub karena lokasi ini benar-benar masih terjaga kevirginitasannya. Bahkan binatang langka seperti orang hutan Owa Jawa masih ada di lokasi konservasi alam ini. 


Untuk sampai ke lokasi Curug Bajing takeperlu  khawatir nyasar karena di sepanjang  jalan banyak petunjuk yang akan Anda temui. Jadi santai dan nikmati apa Saya yang Anda lihat dan saksikan akan kekuasaan Allah SWT. Selamat menikmati alam yang penuh pesona. 







1 comment:

  1. Best videos on youtube - Videoodl.cc
    Best video online youtube · freevideos · video-freevideos · sportskip · freevideos · freevideos.com · freevideos.com · freevideos.com · freevideos.com. youtube to mp4

    ReplyDelete